Kiat Sukses Bisnis Online (part 1)

Banyak orang mulai merintis bisnis online, tapi kemudian mundur secara teratur karena mengalami kegagalan. Nyaris tak ada penjualan, bahkan website/blognya sepi pengunjung. Its oke lah, semua orang pasti akan mengalami pasang surut kehidupan. Tak terkecuali saya.Saya juga sedang mengalami surutnya bisnis online yang saya geluti selama ini,
sangat membuat patah semangat. Bagaimana tidak semangat, penjualan bahkan nyaris tidak ada, jadi uang di dompet juga rada-rada kempes.
Untuk apa saya menulis (sebenarnya sih mengutip dari sebuah e-book nya abang Jonru) kiat sukses berbisnis online padahal saya sendiri sedang terpuruk? Untuk apa ya? Sebenarnya bukan iseng semata, tapi hanya ingin membangkitkan jiwa bisnis yang sudah tertanam pada diri kita. Kita harus bangkit! Karena kita pasti bisa! Kegagalan hanya merupakan tebing yang harus kita panjat untuk mencapai puncak kejayaan.

Menurut sebuah survey, pengguna internet di Indonesia memang baru mencapai 2% dari 200 juta penduduk Indonesia atau sekitar 4 juta orang. Sebuah angka yang sangat jauh dari fantastis dan ini membuat banyak orang meninggalkan bisnis online. Tapi perlu digaris bawahi juga, bahwa dunia internet berkembang sangat cepat. Penggunanya pun semakin hari semakin banyak, dan kedepan prospeknya akan sangat cerah. Walaupun kedepannya sangat cerah, tapi kenapa banyak orang gagal berbisnis online? Itulah pertanyaan besar yang harus dijawab!

Nah, sebelum menjawab pertanyaan tadi berikut saya ungkapkan kiat sukses berbisnis online menurut abang Jonru.

1. Bangun kepercayaan

Kepercayaan adalah hal yang sangat penting untuk kita bangun dalam berbisnis apapun. Tapi khusus di dunia internet, kepercayaan adalah hal yang sangat sangat penting sekali! Karena internet merupakan dunia yang rawan terhadap penipuan. Semua orang bisa dengan mudah menyamar menjadi siapa saja. Untuk membangun kepercayaan kita harus menunjukkan identitas asli kita secara jelas. Cantumkan dengan jelas nama dan alamat kita, juga jangan sampai lupa cantumkan juga nomor telepon atau ID situs jejaring sosial yang kita punya. Bila pengunjung berhasil berbicara langsung dengan kita via telepon atau jejaring sosial, maka pada saat itu pula kepercayaan mereka mulai tumbuh. Selanjutnya sering-seringlah bergaul di dunia maya. Selalu aktif dalam diskusi forum di internet sehingga kita makin dikenal.
2. Rajinlah memberi
Siapa sih yang tidak mau diberi sesuatu dengan gratis? Tentu pengunjung tidak akan suka jika situs kita banyak iklannya, apalagi jika situs kita hanya berisi iklan dan katalog produk, maka kegagalan sudah didepan mata. Karena itu penuhilah website/blog kita dengan hal-hal yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Dengan demikian, pengunjung situs kita akan mendapatkan banyak hal menarik dan bermafaat bagi dirinya. Bila mereka sudah suka dan jatuh cinta pada situs kita, maka ini adalah awal tumbuhnya kepercayaan terhadap kita.
3. Bergaul akrablah dengan Google
Fakta dilapangan menunjukkan bahwa sekitar 60% pengunjung website berasal dari Google. Bila situs kita ngetop di Google, maka secara tidak langsung Google akan menjadi staf marketing yang secara sukarela mempromosikan situs kita 24 jam sehari! Jadi agar situs kita disayang oleh Google, terapkanlah SEO (search engine optimization). Untuk mempelajari SEO, kita bisa bertanya dengan Google, disana banyak sekali artikel mengenai SEO yang bisa kita terapkan.
Berhubung artikel ini sangat detil, jadi lanjutannya ada di Kiat Sukses Bisnis Online (part 2)

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo, jangan malu-malu kalau ingin koment or sekedar share.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...