Kiat Sukses Bisnis Online (part 2)

4. Bangunlah kredibilitas
Ketika kita membuat tulisan mengenai buah, buatlah tulisan mengenai buah selengkap-lengkapnya. Mulai dari jenis buah, vitamin yang terkandung didalamnya, rasanya sampai pada pembibitan dan perawatan. Dengan begitu pengunjung akan langsung memberikan kita predikat sebagai seorang ahli buah atau bahkan ahli pertanian.
Jadi jika kita memiliki toko online yang menjual berbagai musik online, penuhilah situs kita dengan artikel yang berbau musik, hal ini akan menyebabkan pengunjung percaya pada kita.
5. Tampilkan testimoni dari konsumen
Kata orang bahkan merupakan fakta, bahwa jenis promosi yang paling efektif di dunia ini adalah promosi dari mulut ke mulut. Dalam dunia internet, testimoni sangat penting adanya sebagai suatu kesaksian atau komentar dari para konsumen yang telah menikmati produk atau jasa kita. Mintalah mereka menuliskan satu atau dua baris komentar dan jangan lupa tampilkan juga foto maupun alamat mereka bila perlu. Hal ini akan meyakinkan calon konsumen kita bahwa produk kita memang benar-benar ada. Tapi ingat jangan sekali-kali membuat testimoni palsu! Karena ini masalah kepercayaan konsumen.
6. Manjakan pengunjung
Upayakanlah agar pengunjung website/blog kita betah berlama-lama membaca setiap artikel yang kita tulis, sehingga otomatis mereka akan jatuh cinta pada situs kita dan yang paling penting mau membeli produk kita. Caranya gimana? Buatlah newsletter gratis mengenai apa saja, misalnya mengenai belajar bahasa inggris, maka mereka akan dengan suka rela memasukkan alamat email di kolom yang kita sediakan. Nah bila kita rajin mengirimi mereka email tentang belajar bahasa inggris, maka itu adalah awal dari kecintaan mereka pada situs kita. Selanjutnya sering-seringlah meng-update situs kita dengan artikel yang kredibel, jangan sampai situs kita isinya hanya itu-itu saja dan tidak pernah berubah dari tahun ketahun. Dan yang terakhir buatlah situs yang interaktif, artinya pengunjung bisa berinteraksi atau berpartisipasi dalam situs kita. Jadi kita perlu menyediakan fasilitas forum diskusi, polling, shoutox atau yang lainnya agar pengunjung bisa meramaikan situs kita dengan celotehan mereka.
7. Bangunlah komunitas
Komunitas merupakan target marketing yang paling basah. Jadi buatlah suatu komunitas dengan tema tertentu sesuai dengan apa yang kita jual, entah itu di facebook atau dimana saja. Karena dengan komunitas, kita juga bisa berbagi ilmu dan juga akan menambah teman.
8. Bangunlah sistem afiliasi
Apa itu afiliasi? Istilah afiliasi merupakan istilah keren dari makelar. Intinnya mereka membantu menjualkan produk kita dengan komisi tertentu. Jadi afiliasi ini sangatlah efektif bagi penjual maupun bagi si makelar. Dengan sistem ini maka kita tidak perlu repot mencari pembeli, biarkan "staf marketing" kita yang bekerja dengan mengiklankan produk kita. Tapi bagi yang belum punya produk, kita bisa memasarkan produk orang lain. Dengan cara ini kita bisa berbisnis online tanpa harus memiliki produk sendiri.
9. Hindari spam
Spam adalah cara beriklan yang tidak etis yaitu dengan mengirim email berulang-ulang yang isinya sama kepada siapa saja secara sembarangan. Tentu semua orang akan jengkel jika alamat email mereka dikirimi spam. Jadi spam hanya akan merusak citra bisnis kita dimata orang. Jadi kirimlah email kepada orang yang benar-benar memerlukan  informasi yang kita tawarkan.

10. Beriklan lewat artikel
Sadarilah bahwa hampir setiap orang tidak suka membaca iklan. Jadi dengan mengisi situs kita dengan bejibun iklan sangatlah tidak efektif, karena situs yang seperti itu tidak akan dilirik pengunjung. Karena itu sisipkanlah sebuah iklan pada artikel yang kita tulis dengan halus. Misalnya, diakhir tulisan kita tawarkan produk kita.
Jadi dengan sendirinya kita sudah bisa menjawab pertanyaan yang ada di awal artikel ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo, jangan malu-malu kalau ingin koment or sekedar share.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...